AL HARIS: ACARA KEAGAMAAN SARANA MENAMBAH ILMU AGAMA

paalmerah.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyampaikan acara keagamaan seperti Isra’ Mikraj ini merupakan salah satu sarana untuk menggali dan menambah pengetahuan tentang ilmu agama. Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad Shalallahu Alihi Wasalam (SAW) Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Muaro Jambi, yang berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Muaro Jambi, Senin (21/02/2022).

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., 

“Peringatan acara keagaamaan seperti ini selain menjadi sarana untuk menggali dan menambah ilmu agama, juga menjadi momentum bagi umat islam untuk saling bersilaturahmi, mempererat persaudaraan dan persatuan, mengurai benang yang kusut, dan merajutnya kembali menjadi hamparan keharmonisan ukhuwah Islamiyah. Pengamalan dan penerapan hikmah peringatan Isra’ Mikraj dan hikmah peringatan keagamaan lainnya dalam kehidupan sehari-hari, merupakan hal terpenting sehingga kualitas sumber daya manusia yang beriman, berilmu, dan berakhlak dapat terwujud,” ujar Al Haris.

Al Haris mengapresiasi, BKMT Kabupaten Muaro Jambi melalui upaya dakwah dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang religius melalui pemberdayaan perempuan. Perempuan memiliki andil besar dalam proses membangun sumber daya manusia yang beradab dan berilmu, bermula dari mengawal keluarga agar senantiasa belajar tentang ilmu agama sehingga masyarakat Provinsi Jambi yang agamis bisa tercapai.

“Saya mengharapkan peringatan Isra’ Mikraj dan peringatan keagamaan lainnya serta ibadah wajib lainnya tidak hanya menjadi transformasi spiritual saja, tetapi juga bisa menjadi transformasi sosial,” kata Al Haris.

Al Haris mengungkapkan, transformasi spiritual mengajarkan manusia untuk senantiasa taat, tunduk, dan patuh pada apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk lebih mendekatkan diri dan senantiasa ingat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'la sebagai Sang Pencipta dan pemilik alam semesta.

“Transformasi sosial adalah untuk mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dimulai diri sendiri yang akan berimbas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berubah dari kesalahan menuju keshalehan, dari jalan gelap menuju terang, dari keterbelakangan menuju kemajuan, dari perpecahan menuju persatuan, serta meningkatkan kualitas hubungan antara sesame manusia,” ungkap Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada segenap pengurus BKMT Kabupaten Muaro Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang telah menginisiasi acara ini, semoga rangkaian acara ini dapat berjalan dengan lancar dan diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Alhamdulillah kita mulai pengajian bersama-sama meskipun saat ini pandemi covid-19 masih melanda, terlebih adanya varian omicron yang baru ini. Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan, baik itu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta tidak lupa pula untuk melakukan vaksin sebagai salah satu upaya bersama dalam mencegah terkena covid-19,” tutup Al Haris.

Bupati Muaro Jambi, Hj.Masnah Busro mengatakan senantiasa mendukung penuh kegiatan kegiatan BKMT Kabupaten Muaro Jambi dengan turun secara langsung dari desa ke desa, sehingga harapannya BKMT Kabupaten Muaro Jambi lebih berkembang lagi dengan kegiatan kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat. (red)