“KOLABORASI PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS JAMBI DENGAN MGMP BIOLOGI, KABUPATEN BUNGO”

paalmerah.com - Program Studi Magister Ilmu Pendidikan Alam Universitas Jambi, melakukan kunjungan ke Kabupaten Bungo pada Sabtu (12/02/2022), dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran serta kompetensi guru-guru biologi yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi se-Kabupaten Bungo.

MGMP  Biologi SMA Kabupaten Muaro Bungo


Pelaksanaan kegiatan MGMP Biologi dilaksanakan di SMAN 02 Muaro Bungo dan dihadiri oleh 22 orang tenaga pendidik bidang biologi dari berbagai SMA di Kabupaten Bungo. Diskusi yang berlangsung kurang lebih 4 jam tersebut, menghasilkan beberapa point penting terkait kendala dan tantangan yang dihadapi oleh tenaga pendidik di Kabupaten Bungo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta peningkatan kompetensi mereka.

“Ada beberapa hal yang saat ini menjadi kendala bagi kami guru-guru biologi di Kabupaten Bungo dalam peningkatan kompetensi. Seperti kurangnya fasilitas lab biologi yang memadai, serta kami sedikit kesulitan dalam menyusun karya ilmiah. Kami mohon ke depannya ada semacam program kerjasama/pelatihan dari MPIPA Universitas Jambi dalam menyusun karya ilmiah. Tidak hanya itu, kami juga berharap setelah nanti bisa membuat karya ilmiah, Universitas Jambi juga bersedia memfasilitasi kami untuk mempublikasikannya” Ucap Azwar Anas, S.Pd., M.Si selaku Sekretaris MPMG Biologi Kabupaten Bungo.

Hal-hal mendasar seperti kompetensi guru memang menjadi syarat utama dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di era globalisasi saat ini. Selain itu, kemampuan guru-guru dalam menulis juga perlu terus ditingkatkan.  Selain untuk menunjang peningkatan jabatan bagi masing-masing guru, guru yang mampu menulis dengan baik juga akan menularkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya kepada murid-muridnya.  

Merespon beberapa hal terkait yang disampaikan oleh peserta MPMG Biologi Kabupaten Bungo, Ketua Prodi MPIPA Universitas Jambi Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D menjelaskan “Perihal karya ilmiah, kami (Universitas Jambi) pada dasarnya dapat memfasilitasi, hanya saja kami juga membutuhkan komitmen serta keseriusan dari bapak/ibu semua untuk melakukannya hingga tuntas. Selain itu terkait kelengkapan fasilitas jika hanya menunggu bantuan datang, sepertinya tidak akan pernah tercukupi.  Sudah saatnya guru-guru biologi di Kabupaten Bungo mulai kreatif dengan mengubah tantangan menjadi peluang, misalnya dengan mengembangkan praktikum dengan memanfaatkan bahan dan alat yang tersedia atau mengembankan sendiri (memodifikasi) perlatan sehingga sesuai dengan praktikum yang akan dilakukan”

Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi berharap bahwa kegiatan positif seperti MGMP Biologi dapat diadakan secara berkala, dan tidak terputus di tengah jalan. Jika dilakukan secara konsisten ke depannya dapat menjadi suatu wadah bertukar pikiran antar guru-guru biologi di Kabupaten Bungo dalam mengatasi berbagai permasalahan pendidikan khususnya di bidang biologi.  MGMP juga perlu mengembangkan berbagai kreativitas dengan cara-cara yang tidak biasa agar dapat menarik minat guru-guru untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan MGMP.  (red)