LESEHAN SENDANG ROSO, HADIRKAN MUSIK TRADISIONAL JAMBI GAMBANG TULO

paalmerah.com - Pengurus Muarojambi Bezakat (GMB) hadir di Studio SRTV Jambi mendendangkan tembang khas Jambi. Hadir di acara talkshow rombongan pecinta budaya musik Gambang Tulo sekaligus menghibur penikmat kuliner di  Lesehan Sendang Roso Jambi. Salah satu kegiatan ini ditampilkan adalah untuk melestarikan seni gambang tulo dan alat music tradisonal khas Jambi Kecil Kabupaten Muaro Jambi.

Istimewa

Alat musik tradisional Gambang Tulo sudah mulai ditinggalkan oleh kaum muda. Berbeda dengan Pak Adi yang memiliki keinginan untuk melestarikan alat musik gambang tulo. Alat musik gambang ini dimainkan oleh satu orang sambil bersenandung. Kelompok musik gambang tulo yang tergabung dalam pengurusan Muarojambi Bezakat (GMB) memadukan alat musik tradisional denga alat music rebana dan gong. Bahkan sekarang sedang dipadukan dengan alat music modern.

Alat musik gambang yang berasal dari Jambi Tulo Kabupaten Muaro Jambi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda Kementerian Kebudayaan RI tahun 2019 sebagai identitas lokal kesenian di Kabupaten Muaro Jambi.

Saat hadir di Studio SRTV Jambi, group musik ini memainkan dua buah lagu senandung denga syairsyair yang sangat menyentuh hati. Menurut Adi saat diwawancarai  mengatakan bahwa masyarakat Jambi Tulo pada waktu itu menjaga tanaman padi sambil bersenandung denga syair syair tentang alam dan diiringi dengan alat musik gambang.

Adi sebagai Pembina musik gambang tulo mengajak generasi muda untuk melestarikan alat musik tradisional ini. Saat ini warga Muaro Jambi khususnya Jambi Tulo sangat antusias untuk melestarikan musik tradisional, yaitu Gambang. Alat musik dibuat dari kayu yang dibilah. (beng)