SEKDA: SINKRONISASI PROGRAM TINGKATKAN PEMBANGUNAN

paalmerah.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,S.H.,M.H., mengemukakan sinkronisasi program kerja harus dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, mengikuti Pemerintah Pusat, kemudian Kabupaten/kota dalam rangka mendukung percepatan pembangunan agar hasilnya berdampak langsung kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Sekda pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Rencana Pembangunan (Rakortek Renbang) Tahun 2023 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dengan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, bertempat di Hotel Ratu Jambi, Kamis (17/02/2022).

Sekda Provinsi Jambi, H.Sudirman,S.H.,M.H.,

“Dengan adanya pertemuan ini, kita mengharapkan langkah dan keputusan konkrit serta terwujud sinergi yang baik antara Pemerintah Pusat, Provinsi serta Kabupaten/Kota sehingga pola sinergi seperti ini perlu dikembangkan terus, sampai dalam tahap pelaksanaan dan evaluasi kegiatan,” ucap Sekda.

Sekda menjelaskan, Provinsi Jambi memiliki potensi sumber daya perikanan yang besar baik untuk pengembangan perikanan tangkap di laut dan di perairan umum, terlebih lagi potensi untuk pengembangan budidaya perikanan, dengan panjang sungai 1.740 kilometer, potensi lahan tambak 18.000 Ha dan potensi lahan marginal 100.700 Ha, Luas Laut 3.879,67 Ha dan Luas Perairan Umum 115.000 Ha, serta potensi kawasan pesisir Provinsi Jambi sebesar ± 261,80 kilometer yang salah satunya dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari.

“Kita mengharapkan dari potensi yang ada, program dan kegiatan yang dilaksanakan terlihat bahwa sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan peranan dan dukungan yang sangat penting dengan mengembangkan potensi dan sumber daya kelautan dan perikanan yang ada sehingga dapat menjadi salah satu unggulan daerah,” jelas Sekda.

Sekda memaparkan, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang dapat menjadi penggerak ekonomi kerakyatan karena dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pada sektor perikanan ini banyak menyerap tenaga kerja diantaranya pada kegiatan penangkapan ikan bagi nelayan di laut dan perairan umum, usaha perikanan budidaya bagi pembudidaya ikan, usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan bagi pengolah dan pemasar hasil perikanan maupun yang bergerak pada usaha ikan hias.

Sekda mengharapakan kepada peserta rapat, agar koordinasi antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dengan Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia semakin baik. “Kita harus menjaga keharmonisasi, sinergisitas program dan kegiatan pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi Jambi dengan tujuan agar hasil perikanan terus meningkat demi kesejahteraan masyarakat Jambi,” harap Sekda.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk menyelaraskan gerak langkah pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi Jambi. “Setiap pelaksanaan program dan kegiatan bisa terkoordinasi dan sinergi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan serta efektif dan efeksien dalam pengunaan anggaran,” kata Tema.

“Kegiatan Rakortek Renbang Kelautan dan Perikanan di ikuti 44 orang dari Dinas Kelautan dan Perikanan serta dari Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi selama 1 hari, agar adanya persamaan persepsi dan menyelaraskan kegiatan yang dilaksanakan,” tutup Tema. (red)