AJAK PELAKU EKONOMI KREATIF TINGKATKAN INOVASI PRODUKSI

Paalmerah.com  – Jambi - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalu iKabid Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif Disparbud Kota Jambi terus berupaya mendorong para pelaku ekonom ikreatif untuk aktif, berinovasi, berkolaborasi di tengah pandemic covid 19. Pelaku industry akan menjadi tumpuan dalam pemulihan ekonomi nasional maupun perekonomian daerah. Salah satunya adalah melalui kegiatan Forum Diskusi dalam rangka Hari Kopi Nasional (HKN).Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Luminor Jambi selama 4 hari, yaitu Rabu, 9 s.d 11 Maret 2022.

Peserta Kegiatan Hari Kopi Nasional HKN 2022 di Hotel Luminor (doc.paalmerah)

“Kami mengajak kepada seluruh generasi muda dan pelaku UMKM khususnya kopi untuk kreatif dalam pengolahan kopi, dan terus menyesuaikan kondisi dank ebutuhan pasar. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan terhadap ekonomi, social, budaya, dan lingkungan” kata Suroto selaku Kabid Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kopi Nasional (HKN)  dan Dirgahayu Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) yang jatuh padat anggal 11  Maret 2022, kegiatan ini dilaksanakan  dan di gagas oleh DEKOPI  Perwakilan Provinsi Jambi. Kegiatan ini sangatlah baik sekali untuk menyebarluaskan dan menumbuh kembangkan minat masyarakat sebagai pencinta  kopi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selaku Kabid Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, Suroto, menjelaskan bahwa Dinas Pariwisatadan Kebudayaan Kota Jambi akan menjalin dan terus menjaga hubungan komunikasi dengan parapelaku UMKM Kopi. Selanjut para pelakuusaha Kopi diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan sepert iPameran, festival  yang akan dilaksanakan ole hDinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi dan pihak-pihak lainnya. Selain itu, akan berusaha meningkatkan SDM Pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan termasuk pelaku usaha kopi serta mengadakan Sertifikasi bagi tenaga kerja pariwisata salah satunya yang bergerak di usaha kopi.(benk)