Pelayanan RS Raden Mattaher Buruk, Ombudsman RI: Gubernur Jambi Dr. Al Haris Harus Tegas!!

paalmerah.com - Pelayanan Rumah Sakit merupakan pelayanan dasar yang dibutuhkan masyarakat. Sudah saatnya manajemen Rumah Sakit Raden Mataher (RSRM) Provinsi Jambi berbenah diri. Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan pelayanan di RSRM yang kurang baik.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Saiful Roswandi saat dialog dengan pengunjung RS Raden Mattaher Jambi. (ist)

Untuk mendapatkan pelayanan, masyarakat harus menunggu berjam-jam, bahkan ada yang tidak mendapatkan kepastian pelayanan dari dokter.

“Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan pelayanan di RS Raden Mataher. Kita minta Gubernur Jambi ambil sikap tegas. Evaluasi manajemennya. Kalau tidak berani. Sama saja membiarkan pelayanan yang buruk,” Kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi, Saiful Roswandi, usai melakukan sidak ke RSRM Rabu pagi, (2/3/2022)

Menurutnya, pelayanan di rumah sakit itu wajah Jambi. Kalau buruk pelayanannya, maka dinilai buruk pemerintahan di bawah pimpinan Gubernur.

“Itu menjadi tolak ukur publik dalam hal pelayanan. Kalau buruk pelayanan di RSRM, maka buruk penilaian publik kepada kepemimpinan Pak Gubernur Al Haris. Apa beliau mau?” tanya Saiful.

Pelayanan di RSRM harus ada kepastian. Terutama kepastian dalam mendapatkan pelayanan kontrol oleh dokter. Jangan sampai ada pasien yamg lama menunggu antrian, atau dokternya tidak jelas keberadaan.

“Ada pasien yang lama menunggu baru mendapatkan pelayanan. Ada pula yang pasien menunggu tapi tidak jelas keberadaan dokternya. Dicaripun dokternya ke tempat ia praktek juga tidak ada. Inikan sangat mengecewakan pasien. Apalagi pasien jauh-jauh dari Kerinci,” keluh Saiful lagi.

Ia juga berharap. Agar dokter dalam memberikan pelayanan, penuh dengan rasa tanggung jawab.

“Dokter itu disumpah loh, berjanji melaksanakan tanggung jawabnya. Kita berharap IDI melakukan penertiban dan kedisiplinan terhadap dokter yang tidak disiplin menjalankan tanggungjawabnya” tutup Saiful Roswandi. (Red)