Sani Harap PPAN Jadi Duta Promosi Provinsi Jambi Di Mancanegara

paalmerah.com – Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I mengharapkan pemuda pemudi Provinsi Jambi yang terpilih menjadi finaslis Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) mampu menjadi duta promosi bagi Provinsi Jambi di kancah Internasional. Hal tersebut diharapkan Sani pada pembukaan Final Seleksi PPAN Provinsi Jambi Tahum 2022, bertempat di Hotel Shang Ratu Jambi, Kamis (14/04/2022).

Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I 

“Saya mengucapkan selamat kepada saudara saudari yang telah menjadi finalis seleksi PPAN Provinsi Jambi Tahun 2022. Mudah-mudahan agenda pertukaran pemuda antar negara ini dapat menjadi motivasi pemuda pemudi Jambi dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa masa sekarang dan masa mendatang,” ujar Sani.

Sani menjelaskan, PPAN merupakan program tahunan, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dalam upaya pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang.

“PPAN merupakan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung dan turut mensukseskan PPPAN ini, siapapun yang terpilih nantinya harus mampu mengimplikasikan adat istiadat, budaya serta wisata yang ada di Provinsi Jambi kepada masyarakat luar, sehingga mereka tertarik untuk datang ke Jambi,” jelas Sani.

“PPAN bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda negara sahabat, serta meningkatkan saling pengertian, yang selanjutnya bisa menciptakan dan meningkatkan kerja sama antara pemuda Indonesia dengan negara negara lain yang ada di dunia ini, terutama negara sahabat,” lanjut Sani.

Sani mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku, etnis, agama, adat istiadat, dan budaya, serta dengan keberagaman tersebut, bangsa Indonesia bisa hidup berdampingan secara damai dan harmonis.

“Program PPAN merupakan kegiatan strategis dalam rangka menjalin persahabatan dan saling pengertian antar pemuda kedua negara dalam berbagai aspek kehidupan. Program ini juga merupakan suatu wahana bagi pemuda untuk memperluas wawasan dan cara berpikir, baik dalam pergaulan diantara para pemuda Indonesia maupun dalam pergaulan pemuda antar negara atau dalam kerangka kerja sama internasional,” kata Sani.

Lebih lanjut, Sani menuturkan, pemuda pemudi Provinsi Jambi yang lulus menjadi peserta PPAN Tahun 2022 bisa menjadi duta Provinsi Jambi yang harus mampu mempromosikan Provinsi Jambi di negara mitra tempat pelaksanaan PPAN. Supaya bisa mempromosikan Provinsi Jambi dengan baik, maka peserta PPAN harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat baik terhadap Provinsi Jambi, yakni potensi-potensi yang dimiliki Provinsi Jambi, baik sumber daya alam, budaya, pariwisata, dan potensi lainnya.

“Saya yakin dan percaya peserta yang lulus seleksi nantinya mempunyai kemampuan komunikasi dalam bahasa dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, yang tentunya sangat dibutuhkan dalam program ini. Saya juga berharap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya pemuda pemudi terhadap pentingnya pembangunan yang berkesinambungan secara merata, karena promosi yang baik terhadap Provinsi Jambi akan turut membangun citra dan kesan yang baik terhadap Provinsi Jambi,” tutur Sani.

Sani juga berpesan kepada finalis yang mewakili Provinsi Jambi nantinya sebagai calon duta bangsa, untuk dapat menjaga nama baik negara Indonesia, khususnya nama baik Provinsi Jambi, dan diri sendiri, tunjukanlah jati diri bangsa bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang baik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, R. Dicki Rahmad Toha menyampaikan, tujuan pelaksanaan seleksi ini untuk memilih calon PPAN utusan Provinsi Jambi tahun 2022 yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan dan berkepribadian yang baik dan berakhlak mulia, adapun negara tujuan PPAN kali ini adalah Korea, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. (red)