Al Haris Harap IBI Bantu Atasi Stunting

paalmerah.com - Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengharapkan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dapat membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Jambi baik dalam hal mencegah maupun mengatasi. Hal tersebut disampaikan Al Haris pada Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (HUT IBI) ke 71 Tahun 2022, yang berlangsung di Rumah kito Resort Hotel, Jum’at (29/07/2022).

Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H.

“Kita sangat mengharapkan peran IBI membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganan stunting, pemerintah juga mengharapkan peran IBI dalam memberikan literasi gizi bagi masyarakat, sehingga menjadi garda terdepan dalam mengawal kesehatan ibu dan anak,” ujar Al Haris.

Al Haris menginginkan IBI menjadi motivasi bagi masyarakat dengan memaksimalkan peran dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kesehatan. IBI harus memberikan motivasi kepada masyarakat terkait nutrisi, pengasuhan, dan pola hidup bersih, dimana penerapan hidup bersih dan gizi seimbang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Al Haris menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi kehadiran IBI ditengah masyarakat sebagai wadah bagi bidan untuk mengoptimalkan peran dan mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan IBI turut membantu dalam mengawal kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, Al Haris mengatakan, bidan merupakan salah satu profesi yang luar biasa dan berjasa serta menjadi pahlawan kemanusiaan, karena peran bidan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. (red)