Al Haris Harap Wisudawan Mampu Berkompetisi Di Dunia Kerja

paalmerah.com - Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengharapkan, wisudawan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi mampu berkompetisi dan bersaing dengan baik di dunia kerja. Hal tersebut disampaikan Al Haris pada Wisuda Sarjana ke-63, Magister ke-36, Doktor ke-12 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, bertempat di Kampus II UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Mendalo, Rabu, (27/07/2022).

Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H.

“Saya harap para wisudawan mampu bergerak dinamis, inovatif, kreatif dan mampu berkompetisi dengan baik untuk terjun ke dunia kerja, menciptakan lapangan kerja maupun berwirausaha. Ijazah dan pengetahuan teoretis bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan atau membuka usaha dengan mudah, karena perkembangan era revolusi industri 4.0 mengakibatkan pergeseran pada sektor lapangan kerja,” ujar Al Haris.

“Pada era kemajuan teknologi dan informasi saat ini, semua dituntut untuk peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam bekerja. Para wisudawan harus mampu menangkap peluang dengan baik, peka terhadap kebutuhan pasar nasional maupun global serta terus mengasah ilmu dan kemampuan, menjadi pelajar di univesitas kehidupan, dan menjadi intelektual yang menjunjung tinggi moralitas dan menghargai keberagaman sosial,” tambah Al Haris.

Al Haris menuturkan, kehidupan pada era modern sekarang semakin kompleks dan penuh tantangan, dimana masyarakat semakin terbuka dan kompetisi semakin tajam. “Saya mengajak perguruan tinggi di Provinsi Jambi beserta seluruh jajaran pendidikan untuk menjawab tantangan ini dengan senantiasa berupaya meningkatkan mutu dan program pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan serta terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan ilmiah dalam rangka pembangunan daerah dan masyarakat Provinsi Jambi yang unggul dan berkemajuan,” tutur Al Haris

Al Haris meyakini, dengan penerapan pembelajaran yang transintegrasi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi akan mampu melahirkan sumber daya manusia yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, namun sekaligus akan menjadi manusia yang memiliki jati diri dengan nilai-nilai agama dan identitas insan nusantara.

Al Haris mengungkapkan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah mengikrarkan diri menjadi lokomotif dengan semangat untuk melaju kencang membawa perubahan dan berdampak nyata bagi kehidupan, serta mampu mengantarkan para generasi bangsa menuju tujuan masing-masing dengan tepat, namun tetap berjalan diatas rel kehormatan ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada nilai-nilai agama Islam yang lurus dan luhur.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi yang telah berkontribusi dan berperan serta dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkemajuan, sehingga bisa menjadi faktor penentu kemajuan bangsa,” ungkap Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris menyampaikan, Presiden Republik Indonesia telah mencanangkan salah satu visi Indonesia 2045 yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Membangun sumber daya manusia yang unggul merupakan investasi dan persiapan untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju.

“Kesiapan ini tentu membutuhkan sinergitas dari semua pihak, baik pemerintah, para pemangku kebijakan, penyelenggara pendidikan hingga sumber daya manusia sendiri, untuk bersedia bergerak bersama dan bersungguh-sungguh mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan sebagai aset pembangunan daerah serta nasional yang terus berkelanjutan,” kata Al Haris.

“Saya berpesan kepada para wisudawan untuk bisa memanfaatkan semua potensi kekayaan daerah untuk terus berkarya, berpikiran maju, memiliki semangat leadership serta memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat,” pungkas AL Haris. (red)